Mengenal Jeruk Purut dan Khasiatnya bagi Kesehatan dan Kecantikan

125
Jeruk Purut
Foto: Kompas.kom

1001indonesia.net – Jeruk purut (Citrus x hystrix) merupakan tumbuhan dari keluarga jeruk-jerukan (Rutaceae) yang dapat dijadikan rempah. Jenis jeruk yang sudah lama dikenal sebagai penambah aroma dan rasa makanan ini ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Buah jeruk yang berbentuk bulat, kecil, berwarna hijau tua, dengan kulit tebal ini juga dikenal sebagai jeruk limau atau kaffir lime. Selain daging buahnya, daun, minyak, dan kulitnya juga bisa dimanfaatkan.

Dalam dunia kuliner, buah jeruk purut yang masam biasanya digunakan sebagai penetral bau amis daging atau ikan. Daunnya juga banyak dipakai sebagai pengharum, misalnya dicampurkan pada bumbu pecel, gado-gado atau rempeyek.

Selain membuat makanan menjadi makin sedap, ternyata jeruk purut menyimpan banyak manfaat lain, baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Melalui pengolahan yang tepat, jeruk purut akan memberikan nutrisi dan antioksidan yang baik bagi tubuh.

Manfaat bagi kesehatan

Jeruk purut sudah lama dimanfaatkan sebagai obat flu, demam, sakit perut, diare, dan hipertensi. Selain itu, diketahui jeruk purut mengandung berbagai nutrisi yang berguna bagi kesehatan.

Minyak esensial jeruk purut terbukti bersifat antibakteri. Minyak ekstrak tersebut ini dapat mematikan bakteri E.coli dan Salmonella typhi yang merupakan penyebab keracunan makanan dan demam tifoid.

Kandungannya berikutnya adalah flavonoid. Senyawa yang serupa dengan antioksidan ini dapat memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas. Kandungan senyawa ini paling banyak ditemukan di bagian kulit jeruk.

Sebuah studi menghubungkan manfaat flavonoid yang terkandung dalam jeruk purut terhadap penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung dan pembuluh darah. Hal ini diduga terkait antioksidan dan antiradang pada jeruk perut yang dapat mencegah kerusakan pada jantung dan pembuluh darah.

Berdasarkan penelitian di laboratorium, air jeruk purut dan ekstra jeruk purut dapat menekan pertumbuhan sel kanker.

Selain itu, ekstrak daun jeruk purut dianggap mampu menyehatkan rongga mulut. Daun ini dipercaya dapat mengurangi penumpukan bakteri di rongga mulut yang bisa menjadi pemicu berbagai masalah gusi maupun gigi. Tak heran jika ekstrak daun jeruk purut sudah digunakan sebagai campuran beberapa pasta gigi organik.

Manfaat bagi kecantikan

Selain bermanfaat bagi kesehatan, jeruk purut juga berguna bagi kecantikan. Sebuah studi menyebutkan, minyak esensial dari jeruk purut dapat membantu mencegah jerawat serta mendukung proses penyembuhan dan memudarkan bekas jerawat. Hal ini karena kandungan jeruk purut yang bersifat antiperadangan.

Daun jeruk purut juga dinilai baik untuk menjaga kesehatan rambut. Manfaat yang satu ini memang belum terbukti secara ilmiah. Namun secara tradisional, mengoleskan air perasan dan daun jeruk purut ke rambut dianggap bisa memperkuat rambut, mencegah ketombe, dan meningkatkan kilau rambut.

Ekstrak daun jeruk purut dinilai dapat membantu mencegah penuaan di kulit. Manfaat ini didapatkan dari kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan bisa membantu menangkal paparan radikal bebas berlebih yang akan merusak sel-sel di kulit. Saat sel di kulit rusak maka tanda penuaan, seperti kerutan dan garis-garis halus, akan muncul.

Perlu diingat bahwa beberapa manfaat jeruk purut di atas masih terbatas pada studi berskala kecil, dan belum ada bukti medis yang bisa diandalkan untuk mendukung manfaat jeruk purut sebagai obat.

Baca juga: Daun Kemangi, Selain Enak untuk Lalapan juga Berkhasiat Obat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine − 8 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.