Kue Lapan Jam, Camilan Legit nan Nikmat dari Palembang

57
Kue Lapan Jam
Kue Lapan Jam Khas Palembang, Sumatra Selatan. (Foto: Tribun Sumsel)

1001indonesia.net – Salah satu yang terkenal dari Palembang, Sumatra Selatan, adalah kulinernya. Semua orang tentu tahu pempek yang legendaris. Palembang juga punya menu kue yang khas. Salah satunya adalah kue lapan jam atau kue 8 jam.

Dinamakan kue lapan jam karena memang kue ini membutuhkan waktu pengolahan sekitar 8 jam. Untuk menghasilkan kue berwarna kecokelatan dengan tekstur yang lembut tapi padat ketika digigit, kue ini perlu dibuat dengan cara dikukus selama delapan jam.

Karena tingkat kesulitan dan lamanya proses yang dibutuhkan untuk membuat kue yang bercita rasa khas ini, masyarakat Palembang biasanya hanya memasaknya ketika perayaan penting, seperti Idulfitri. Itu sebabnya, panganan ini cukup sulit ditemukan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Palembang.

Saat ini, kue 8 jam bisa konsumsi oleh siapa saja. Namun, pada masa silam, tidak semua orang bisa menikmati kue ini. Dulu kue ini hanya bisa dinikmati oleh kaum bangsawan.

Untuk membuat kue delapan jam, diperlukan bahan-bahan, seperti telur, mentega, gula, tepung terigu, vanili, dan susu kental manis. Bahan-bahan tersebut dicampur kemudian dikukus selama delapan jam.

Dalam waktu delapan jam tersebut, gula akan membentuk karamel sedangkan telur akan memadat. Kedua bahan ini akan disatukan dalam proses pemanggangan yang dilakukan setelah pengukusan.

Lamanya waktu pengukusan menjadi salah satu yang menyebabkan keunggulan rasa dan tekstur yang dimiliki kue ini. Jika prosesnya kurang dari delapan jam, kue yang dihasilkan akan mudah hancur dan tidak terasa kenyal.

Biasanya, kue ini disajikan utuh di hadapan tamu. Kue baru dipotong tipis-tipis saat tamu ingin mencicipinya. Kue lapan jam sangat cocok dinikmati bersama segelas kopi atau teh.

Pada 2015, kue lapan jam ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda nasional dari Provinsi Sumatra Selatan.

Baca juga: Pali-pali, Menu Makanan Khas Kesultanan Ternate

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.