Khasiat Kesehatan yang Terkandung dalam Biji Ketumbar

49
Ketumbar
Foto: Jawapos.com

1001indonesia.net – Ketumbar (Coriandrum sativum) umumnya dikenal sebagai rempah yang sering digunakan dalam kuliner Indonesia. Namun, rempah ini ternyata tak hanya berguna sebagai penyedap rasa, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Diyakini, kandungan dalam biji ketumbar dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Tumbuhan yang termasuk dalam keluarga adas-adasan (Apiaceae) ini pertama kali ditemukan di Eropa bagian selatan, tepatnya sekitar laut kaspia. Buah ketumbar berbentuk biji kecil-kecil dengan diameter rata-rata 1-2 mm. Bentuknya mirip dengan lada. Bedanya dengan lada, teksturnya lebih kasar dan lebih ringan.

Rempah ini dijual dalam bentuk biji kering maupun bubuk. Berbagai jenis masakan tradisional Indonesia kerap menggunakan bumbu masak ini. Dengan ketumbar, aroma masakan menjadi lebih harum, lembut, dan nyata.

Khasiat kesehatan

Tak hanya digunakan sebagai bumbu masakan, ketumbar juga digunakan sebagai obat herbal, di antaranya untuk mengobati gangguan pencernaan, seperti sakit perut, mual, perut kembung, dan sembelit. Selain itu, ketumbar juga diyakini mampu mengurangi nyeri akibat irritable bowel syndrome (IBS).

Rempah satu ini juga diketahui memiliki sifat antijamur dan antibakteri. Dengan dua sifat tersebut ketumbar bisa digunakan untuk membantu mencegah infeksi, baik yang disebabkan oleh jamur maupun bakteri.

Diungkap oleh sebuah penelitian, ketumbar dapat meningkatkan imun tubuh. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu mencegah peradangan akibat radikal bebas. Selain itu, antioksidan dalam ketumbar dipercaya bisa menghambat pertumbuhan sel kanker.

Rempah ini juga diyakini mampu menjaga kadar gula darah. Hal ini karena biji ketumbar dapat merangsang produksi insulin di dalam tubuh sehingga mencegah penumpukan gula dalam darah.

Di samping itu, ketumbar juga disebut-sebut mampu mengobati beberapa kondisi lain, seperti keracunan makanan, sakit gigi, nyeri sendi, hingga melancarkan ASI.

Beberapa manfaat ketumbar di atas masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Khasiat ketumbar bagi kesehatan bisa didapatkan dengan meminum air rebusannya secara rutin, tentu dalam dalam porsi yang wajar.

Baca juga: Mengenal Temu Kunci dan Khasiatnya bagi Kesehatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.