Kerak Telor, Sajian Kuliner Kebanggaan Warga Jakarta

154
Kerak Telor
Meski keberadaannya semakin langka, Kerak Telor masih bisa dijumpai pusat wisata, acara pagelaran budaya Betawi, atau acara tahunan yang digelar meriah di Jakarta. (Foto: Pesona Indonesia)

1001indonesia.net –¬†Kerak telor dikenal sebagai omeletenya orang Betawi. Kuliner kebanggaan masyarakat Betawi ini bisa dijumpai di berbagai tempat wisata di Jakarta. Makanan ini juga dijajakan saat di Jakarta ada perayaan dan festival budaya.

Kerak telor terbuat dari beras ketan dan telur yang kemudian disajikan bersama serundeng (kelapa sangrai) juga topping lainnya. Makanan khas ini umumnya dimasak menggunakan wajan dan dinikmati saat masih hangat.

Camilan khas Betawi ini dipercaya telah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Makanan ini diciptakan oleh masyarakat Betawi secara tak sengaja saat mencoba-coba membuat beragam makanan dengan memanfaatkan buah kelapa yang melimpah. Dari coba-coba inilah kemudian terciptalah kerak telor.

Konon katanya, daerah yang menjadi asal dari makanan ini adalah Tegal Parang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Sebab itu, Tegal Parang mendapat sebutan Kampung Kerak Telor.

Fakta tentang lahirnya makanan ini di Tegal Parang entah benar atau tidak. Namun yang jelas, dari dulu Tegal Parang sudah menjadi kampungnya penjaja kerak telor.

Makanan ini mulai dijajakan di pasaran sejak tahun 1970-an. Tak disangka, banyak orang menyukainya. Bahkan, dulu kerak telor menjadi makanan favorit masyarakat kelas elite di Jakarta.

Seiring dengan berkembangnya waktu, omelet khas Betawi ini menjadi makanan yang disukai semua kalangan masyarakat. Ditambah lagi harganya semakin terjangkau untuk semua orang.

Kerak Telor
Pengunjung Pekan Raya Jakarta (PRJ) membeli kerak telor. (Foto: ANTARA/ Livia Kristianti)

Sayangnya, meski sajian ini termasuk makanan khas rakyat Betawi yang harus dilestarikan, keberadaan penjaja kerak telor semakin langka Jakarta.

Kalau mau mencicipi gurihnya sajian khas ini, kita harus mendatangi pusat wisata, acara pagelaran budaya Betawi, atau acara tahunan yang digelar meriah di Jakarta, seperti Pekan Raya Jakarta. Di sana, para penjaja kerak telor bisa dengan mudah ditemui.

Baca juga: Bir Pletok, Minuman Khas Betawi yang Membuat Tubuh Tambah Sehat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seventeen + fifteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.