Jeruk Nipis, Menambah Cita Rasa Segar dan Harum pada Masakan

49
Jeruk Nipis
Foto: Suara.com

1001indonesia.net – Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) merupakan jenis rempah berupa buah berwarna hijau kekuningan kecil dan berasa asam segar dan harum. Daging buahnya yang berwarna putih kehijauan sangat asam dan mengandung banyak vitamin C dan asam sitrat serta minyak atsiri.

Rempah satu ini termasuk tanaman anggota famiia Rutaceae. Pohonnya berperawakan perdu dengan tinggi kurang lebih 3,5 meter. Batangnya memiliki ciri berkayu, bulat, berduri, dan berwarna putih kehijauan. Daunnya berbentuk elips atau bulat telur, pangkal membulat, ujung timpul, tepi beringgit, dengan panjang 2,5-9 cm dan lebar 2-5 cm.

Buahnya umumnya berdiameter 3,5-5 cm. Saat masih muda, buah berwarna hijau, dan setelah tua berubah kuning. Bagian buah inilah yang paling sering dimanfaatkan oleh masyarakat. Rasa buahnya yang asam dan segar digunakan sebagai penambah cita rasa masakan maupun sebagai bahan baku minuman yang menyegarkan.

Jeruk nipis biasanya diberikan pada makanan berkuah agar memberi cita rasa segar dan harum. Digunakan juga untuk menghilangkan bau amis ikan atau ayam. Caranya, jeruk nipis dibelah dua dan diperas airnya saja. Jeruk nipis yang sudah tua menghasilkan banyak air.

Air jeruk nipis juga dapat digunakan untuk menunda warna kecokelatan pada buah potong. Caranya dengan mengoleskan jeruk nipis pada potongan buah, seperti apel dan pir. Olesan jeruk nipis akan membuat buah potong tetap terlihat segar dan tidak cepat berwarna kecokelatan

Selain membuat makanan lebih enak, rempah satu ini juga berguna bagi kesehatan. Jeruk nipis mengandung banyak nutrisi dan zat gizi yang berguna bagi tubuh. Dengan kandungan yang dimilikinya, minum air perasan jeruk nipis dapat menurunkan berat badan, memperlancar pencernaan, mengobati batuk, menyehatkan kulit, menurunkan laju kenaikan kolesterol, dan mencegah kanker.

Meski jeruk nipis mengandung banyak vitamin dan zat gizi lainnya yang sangat berguna bagi tubuh, pemanfaatannya harus dilakukan dengan bijak. Terlalu sering minum air jeruk nipis bisa menimbulkan beberapa efek samping, seperti menyebabkan naiknya asam lambung, merusak gigi, dan memicu ulkus lambung.

Baca juga: Mengenal Jeruk Purut dan Khasiatnya bagi Kesehatan dan Kecantikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.