Jeruk Limo, Menambah Sedapnya Sambal dalam Kuliner Nusantara

68
Jeruk Limo
Foto: Eka P. Amdela/wikimedia.org

1001indonesia.net – Jeruk limo atau jeruk limau atau dapat juga disebut jeruk sambal (Citrus amblycarpa) adalah salah satu jenis bumbu masakan Nusantara. Jeruk yang ukurannya lebih kecil daripada jeruk purut dan jeruk nipis ini sering digunakan untuk penambah sedap sambal kacang pada somay.

Jeruk limo merupakan anggota marga citrus atau marga jeruk. Nama Jeruk sambal berasal dari daerah Betawi, sedangkan masyarakat Jawa dan Sunda menyebutnya sebagai jeruk limo. Adapun orang Melayu lebih sering menyebutnya dengan nama jeruk limau.

Karena bentuknya mirip, banyak orang yang salah menyamakan jeruk limau dengan jeruk nipis. Padahal keduanya merupakan jenis jeruk yang berbeda.

Jeruk limau memiliki warna hijau, tipis, dan beraroma wangi. Bunganya bewarna putih dan juga beraroma wangi. Kulit buah tebal, berkerut-kerut, dan beraroma wangi. Daging buah bewarna putih serta memiliki rasa asam.

Jeruk limau termasuk bahan bumbu masakan. Bumbu ini dapat menambah harum aroma dan meningkatkan cita rasa masakan. Jenis jeruk ini biasa digunakan untuk menambah sedap sambal. Itu sebabnya, jeruk ini dinamakan sebagai jeruk sambal.

Jeruk limau juga digunakan sebagai penyegar makanan yang cenderung memiliki rasa asin gurih. Dengan tambahan jeruk ini, rasa asin gurihnya menjadi tidak terlalu dominan dan rasanya semakin sedap. Misalnya, untuk meningkatkan cita rasa makanan, jeruk limau ditambahkan ke atas siomay, cuanki kuah, atau batagor kuah.

Kandungan nutrisi

Buah jeruk limo ini memiliki kandungan gizi yang sangat banyak. Buah jeruk ini mengandung antioksidan alami yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh manusia. Buah jeruk limo juga sangat baik untuk menghilangkan residu dalam tubuh akibat racun-racun rokok yang masuk ke dalam sistem tubuh.

Selain itu, buah jeruk limo juga mengandung karbohidrat, protein, serat, kalori. Air sari buah jeruk ini memiliki kandungan sodium sebanyak 1 mg dalam 31 gram air sari buah jeruk limau.

Buah jeruk ini juga memiliki kandungan berbagai macam jenis vitamin penting, seperti vitamin K, vitamin A, Vitamin C, vitamin E, dan kolin. Buah ini juga memiliki kandungan elektrolit yang sangat penting bagi tubuh manusia, yakni potassium. Selain itu juga memiliki kandungan mineral yang sangat penting bagi tubuh, seperti folat, kalsium, betain, magnesium, dan fosfor.

Dengan kandungan yang dimilikinya, jeruk limo dipercaya dapat digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan, antara lain mengobati sakit batuk, melegakan tenggorokan, meremajakan kulit, melancarkan pencernaan, meningkatkan sistem imun tubuh, menjaga kesehatan jantung, dan mencegah kanker.

Baca juga: Mengenal Jeruk Purut dan Khasiatnya bagi Kesehatan dan Kecantikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seven + two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.