Historical Asia, Diskusi dan Bedah Buku

457

1001indonesia.net – Program Historical Asia diselenggarakan atas kerja sama antara PERIPLUS dengan 1001indonesia.net. Acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan saling kenal antarperadaban di Asia, khususnya peradaban China-India-Indonesia.

Adanya kesalingterkaitan antar-peradaban China, India, dan Indonesia tidak diragukan lagi. Relasi ketiga peradaban sudah berlangsung sejak zaman kuno, jauh sebelum penanggalan Masehi dimulai. Saat itu, jalur perdagangan melalui laut telah berkembang. Terjadilah pertemuan antarkebudayaan.

Dalam interaksi tersebut, Indonesia atau Nusantara menempati posisi yang istimewa. Dengan posisi strategisnya yang berada pada jalur persimpangan, Nusantara menjadi pusat pertemuan antarbudaya, terutama budaya India dan China. Alhasil, perkembangan kebudayaan di Nusantara sangat dipengaruhi oleh dua peradaban tersebut sebagaimana yang dibahas dengan sangat baik oleh Denys Lombard saat ia membahas sejarah Pulau Jawa dalam bukunya Nusa Jawa: Silang Budaya.

Sebagai bangsa yang besar, India, China, dan Indonesia memiliki keunikannya masing-masing. Bagaimana ketiga peradaban tersebut mengembangkan kebudayaannya sendiri dan bagaimana ketiganya saling berinteraksi satu sama lain tentu merupakan bahasan yang menarik.

Pada akhirnya, pengenalan yang menyeluruh mengenai ketiga kebudayaan tersebut akan membantu kita untuk dapat melihat budaya kita sendiri dengan lebih komprehensif.

Sebagai langkah awal dalam program Historical Asia, akan diadakan 2 kali diskusi dan bedah buku dengan fokus pada kebudayaan China. Acara pertama diadakan di Periplus Kemang, Jakarta, pada 11 Mei 2016. Acara kedua rencananya diadakan di Universitas Islam Yogyakarta pada 26 Mei 2016. Undangan terbuka bagi siapa saja yang tertarik untuk lebih mendalami kekayaan dan keberagaman kebudayaan Asia.

LEAVE A REPLY

5 × one =