Gunongan, Tanda Cinta Sultan Iskandar Muda kepada Permaisurinya

74
Gunongan
Gunongan dibangun sebagai tanda cinta Sultan Iskandar Muda kepada permaisurinya yang berasal dari Negeri Pahang, Malaysia. (Foto: ragamtempatwisata.com)

1001indonesia.net – Gunongan merupakan bangunan yang dipersembahkan oleh Sultan Iskandar Muda kepada permaisuri tercintanya, Putri Kamaliah (Putroe Phang). Nama Gunongan diambil dari bahasa Melayu yang berarti gunung. Bentuk bangunan ini memang menyerupai gunung.

Putri Kamaliah berasal dari Negeri Pahang. Sultan Iskandar Muda memboyongnya setelah ia berhasil menaklukkan wilayah tersebut. Untuk mengobati kerinduan Sang Putri terhadap kampung halaman, Sang Sultan mendirikan sebuah bangunan di Taman Ghirah atau Taman Istana.

Bentuk bangunan tersebut yang menyerupai gunung dan bukit merupakan simbol dari bentuk Negeri Pahang yang berbukit-bukit. Merujuk pada prasasti yang terletak dibagian belakang bangunan, Gunongan dibangun pada 1607-1636.

Bangunan ini berwarna putih, bentuknya menyerupai kelopak bunga yang sedang mekar. Di puncak bangunan ini, Putri Kamaliah biasa berjemur atau duduk sambil mengamati seluruh istana.

Gunongan dan Pintu Khop
Di masa silam, Pintu Khop hanya boleh dilalui oleh keluarga istana saja. (Foto: portfoliomagz.id)

Tidak jauh dari Gunongan terdapat Pintu Khop. Bangunan ini merupakan pintu gerbang berbentuk kubah yang dulunya menghadap istana dan menghubungkan taman dengan alun-alun istana. Hanya anggota keluarga kerajaan yang boleh melewati pintu gerbang ini.

Pintu Khop merupakan tempat beristirahat Putri Kamaliah setelah lelah berenang. Di sinilah Sang Permaisuri mandi bunga di kolam yang dibangun khusus untuk dirinya. Tempat ini juga digunakan oleh para dayang untuk membasuh rambut Sang Permaisuri usai berenang.

Selain kolam, di tempat ini, Sang Sultan juga membangun sebuah perpustakaan untuk menghabiskan waktu bersama dengan membaca selepas berenang dan mandi bunga.

Baca juga: Masjid Raya Baiturrahman, Bangunan Megah yang Menjadi Ikon Aceh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

18 − 12 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.