Candi Pringapus, Peninggalan Hindu di Temanggung Jawa Tengah

160
Candi Pringapus
Foto: indonesia-heritage.net

1001indonesia.net – Tak jauh dari Situs Liyangan, sekitar 3 kilometer ke arah timur, terdapat bangunan candi kecil bernama Candi Pringapus. Candi ini berada di lapangan rumput kecil yang rapi. Di dalam candi terdapat ruangan dengan patung lembu nandi.

Candi Pringapus diduga berusia sama dengan Kompleks Candi Dieng di Kabupaten Banjarnegara dan Candi Gedong Songo di Kabupaten Semarang. Bangunan ini diduga berfungsi sebagai candi perwara. Candi induknya sudah tidak ada, hanya ditemukan reruntuhan batu-batu yang diduga dulunya bagian dari candi lain.

Baca juga: Candi Gedong Songo, Situs Hindu di Kabupaten Semarang

Candi Pringapus pernah dipugar oleh Dinas Purbakala pemerintah Hindia Belanda pada 1930. Dilihat dari bentuk bangunannya, candi ini bercorak Hindu Siwa. Dugaan ini diperkuat dengan adanya arca Lembu Nandini, kendaraan Siwa, dan relief hapsara-hapsari yang menggambarkan makhluk setengah dewa.

Candi ini dibangun dari bahan batu andesit. Luas areanya sekitar 29,68 meter persegi. Di atas ambang pintu candi dihias dengan kalamakara. Atap candi berbentuk kotak bersusun tiga, makin ke atas makin mengecil.

Keindahan Candi Pringapus terletak pada ornamen pahatan yang sangat halus dan indah,  menunjukkan bahwa arsiteknya memiliki cita rasa seni yang tinggi. Bidang-bidang kosong diisi dengan pahatan bunga teratai dan sulur-suluran. Dinding di kanan kiri pintu dihiasi panel pahatan sepasang dewa-dewi dengan hiasan daun-daun yang distilir di atasnya.

Dalam candi tersebut terdapat arca lembu dalam posisi duduk. Di sebelah barat bangunan candi terdapat sendang yang tak pernah kering meski di musim kemarau. Di tepi sendang tersebut terdapat sebuah lingga dan arca sapi. Konon, arca sapi ini merupakan penjaga ketersediaan air sendang.

Keberadaan candi ini dihubungkan dengan Prasasti Argapura (852 M). Pada fondasi candi tertera angka tahun 772 Saka (850 M) yang diduga sebagai tahun terselesaikannya pembangunan candi. Kemungkinan candi ini dibangun pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra.

Candi Pringapus terletak di Desa Pringapus, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Desa Pringapus terletak di Gunung Sindoro. Lokasi candi kira-kira 5 km dari kecamatan Ngadirejo dan berjarak 32 km arah Timur Laut dari kota Temanggung.

Bangunan candi berada tengah permukiman warga dan bisa diakses melalui jalan kampung beraspal mulus, tetapi hanya bisa dilalui satu mobil. Hingga saat ini, warga masih sering memanfaatkan lapangan di depan candi untuk acara-acara komunal, seperti ritual nyadran.

Baca juga: Situs Liyangan, Jejak Purbakala di Lereng Gunung Sindoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.