Candi Gondosuli, Jejak Kejayaan Mataram Kuno di Temanggung

93
Candi Gondosuli
Foto: krjogja.com

1001indonesia.net – Di Desa Gondosuli, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung, terdapat reruntuhan batu andesit. Diperkirakan, batu-batu tersebut merupakan reruntuhan sebuah bangunan candi. Masyarakat setempat menyebutnya dengan nama Candi Gondosuli.

Di tempat itu juga ditemukan patung lembu, yoni, dan benda-benda purbakala lainnya. Diperkirakan, reruntuhan tersebut merupakan struktur puncak candi. Sementara struktur badan candi masih terkubur di bawahnya.

Satu kompleks dengan Candi Gondosuli terdapat Prasasti Gondosuli yang diitulis tahun 832 M. Prasasti tersebut menjadi saksi bisu kejayaan Kerajaan Mataram Hindu masa dinasti Sanjaya

Dilihat dari segi arsitekturnya, diduga bangunan purbakala ini dibangun pada abad ke-9 M, tepatnya pada masa pemerintahan Rakai Patapan yang merupakan anak dari Sanjaya, raja pertama Mataram Hindu.

Belum diketahui pasti berapa luas candi ini sebab bangunannya sudah tidak utuh lagi. Reruntuhan batu yang ada dipermukaan tanah diperkirakan hanya bagian atas candi. Sedangkan sebagian besar bangunan candi masih terpendam dalam tanah.

Baca juga: Candi Pringapus, Peninggalan Hindu di Temanggung Jawa Tengah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

18 + 17 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.