Wayan Lotring, Seniman Pembaru Gamelan Bali

957

1001indonesia.net – I Wayan Lotring (1898-1983) merupakan seorang penari, musisi, dan komposer andal dari Kuta, Bali. Ia dikenal sebagai seniman pembaru gamelan Bali. Dengan berani, ia membuat komposisi baru di luar pakem yang berlaku pada zamannya. Karya komposisinya yang fenomenal adalah gending palegongan.

I Wayan Lotring memosisikan dirinya sebagai komponis. Musik yang dimainkannya ini tidak lagi semata untuk keperluan ritual keagamaan, tetapi digarap dengan kesadaran kompositoris. Hal yang sama dilakukan sahabatnya, Collin McPhee, komponis asal Kanada.

McPhee (1900-1964) merupakan musisi Kanada yang pernah tinggal di Bali untuk melakukan studi etnomusikologi tentang musik Bali. Saat tinggal di Bali inilah, ia bersahabat dengan Wayan Lotring.

Berbekal pengalaman berguru dari Banjar ke Banjar di Bali, Lotring menciptakan suatu komposisi gending palegongan dengan nuansa yang berbeda dari gending-gending yang sudah ada. Karyanya terkesan sangat bebas, tidak terpaku pada aturan-aturan baku yang lazim digunakan pada zamannya.

Pada 1915, Wayan Lotring untuk pertama kalinya memimpin grup gamelan palegongan pentas keluar Bali. Saat itu, mereka mementaskan Tari Legong Keraton di Keraton Surakarta. Ia kemudian dikenal sebagai salah satu komposer musik Bali paling berpengaruh di abad ke-20.

Sumber: Kompas edisi Sabtu, 30 Juli 2016.

LEAVE A REPLY

2 × 3 =