Tradisi Padusan, Mensucikan Diri Menjelang Puasa Ramadhan

231
Tradisi Padusan
lustrasi (Foto: Isigood.com)

1001indonesia.net – Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan, masyarakat Jawa mempersiapkan diri dengan ritual penyucian melalui tradisi padusan. Istilah padusan berasal dari kata adus yang berarti mandi.

Padusan merupakan ritual mandi besar yang dilakukan untuk menghilangkan hadats besar maupun kecil. Ritual ini dilakukan oleh masyarakat Jawa, utamanya yang berada di Kabupaten Boyolali. Masyarakat melakukannya beramai-ramai di umbul atau kolam pemandian.

Tradisi ini dilakukan untuk menyiapkan diri memasuki bulan Ramadhan. Umumnya, selain ziarah ke makam leluhur dan para wali atau berbagi kebahagiaan bersama keluarga dan tetangga, dilakukan juga ritual pembersihan diri. Masyarakat Jawa melakukannya melalui ritual padusan.

Tradisi ini sudah ada sejak dulu. Meski tidak ada aturan baku tentang bagaimana harus melakukannya, umumnya masyarakat melaksanakan tradisi ini dengan beramai-ramai mandi dan berendam di sumber mata air.

Tradisi membersihkan diri jelang puasa Ramadhan ini masih terjaga sampai sekarang. Bahkan di daerah perkotaan, ritual ini menjadi komoditi pariwisata.

Baca juga: Potang Balimau, Tradisi Unik Menyambut Bulan Ramadhan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.