Tirta Gangga, Istana Air di Karangasem Bali

118
Tirta Gangga
Foto: wisatabaliutara.com

1001indonesia.net – Tirta Gangga yang disebut-sebut sebagai istana air merupakan tempat beristirahat Raja Karangasem. Ada beberapa kolam di taman air Tirta Gangga. Dua di antaranya merupakan kolam khusus yang disediakan untuk pengunjung. Dua kolam ini berisi air yang dingin dan jernih dilengkapi batu-batu titian.

Tirta Gangga terletak di Kabupaten Karangasem, Bali. Tempat peristirahatan bagi keluarga raja ini dibangun pada 1948 oleh Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem, raja Karangasem.

Foto: Wikipedia

Berlokasi di kaki Gunung Agung membuat Tirta Gangga memiliki udara yang sejuk, mata air alami yang dingin dan melimpah, serta pemandangan alam yang sangat indah.  Tak heran jika kawasan ini dipilih sebagai tempat peristirahatan dan bersantai keluarga raja.

Pada 1963, kompleks taman air itu pernah rusak akibat letusan Gunung Agung. Pemerintah kemudian membangunnya kembali. Kawasan itu kemudian diperuntukkan sebagai tempat wisata.

Di tempat seluas 1,2 hektare itu, pengunjung bisa meniti batu yang tersusun di tengah kolam. Satu batu di kolam tersebut cukup untuk berdiri satu orang dewasa. Ada jarak antarbatu sehingga untuk menitinya, kita perlu melangkah sedikit lebih jauh atau meloncatinya.

Taman air yang namanya diinspirasi dari sungai suci di India, Sungai Gangga, itu berada di ujung timur Pulau Bali. Tempat ini ramai dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Pada musim liburan, tempat ini akan dipadati oleh pengunjung, terutama yang ingin merasakan mandi di tempat pemandian yang dulunya digunakan oleh raja dan keluarganya.

LEAVE A REPLY

two × 2 =