Taman Ujung Karangasem, Keindahan Arsitektur di Bali Timur

222
Taman Ujung Karangasem
Foto: newspembaharuindonesia.wordpress.com

1001indonesia.net – Sesuai namanya, Taman Ujung Karangasem yang sering disebut juga sebagai Taman Sukasada itu berada di paling ujung wilayah Karangasem, tepat di tepi pantai timur Pulau Bali. Tempat ini menjadi salah satu wisata andalan di wilayah timur Pulau Dewata.

Taman Ujung merupakan tempat peristirahatan Raja Karangasem yang dibangun pada 1909 dan selesai tahun 1921. Taman itu dirancang oleh seorang arsitek Belanda bernama van Den Hentz dan seorang China bernama Loto Ang. Rancang bangun taman juga melibatkan Undagi (arsitek adat Bali).

Rancang bangun tersebut menghasilkan bangunan istana perpaduan Bali dan Eropa yang sangat cantik dengan kolam-kolam tertata apik. Tak heran jika lokasi ini menjadi spot favorit berfoto, terutama bagi pasangan yang ingin mengambil foto pre-wedding. Bahkan, lokasi ini lebih dikenal sebagai tempat pre-weeding daripada sebagai destinasi wisata di Bali.

Taman Ujung terletak di Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali. Pada masa Belanda dulu, taman ini dijuluki sebagai Istana Air. Sebagian taman ini memang berupa kolam air.

Terdapat tiga kolam besar di taman ini. Dua kolam di sisi utara dan satu kolam di sisi selatan. Di tengah kolam selatan berdiri sebuah Balai Bengong tanpa dinding yang ditopang oleh tiang-tiang beton. Di sinilah Raja Karangasem sering menjamu tamu kerajaan.

Kolam di bagian utara ukurannya lebih besar daripada kolam di bagian selatan. Di tengah kolam bagian utara ini terdapat sebuah jembatan penyeberangan menuju sebuah bangunan yang terletak di tengah kolam. Bangunan tersebut dulunya digunakan sebagai tempat peristirahatan raja. Masyarakat menyebut bangunan itu dengan nama “Istana Gantung” karena bangunannya yang terlihat seperti menggantung.

Pada 1963, Taman Ujung pernah mengalami kerusakan parah akibat letusan Gunung Agung. Taman tempat peristirahatan raja tersebut baru diperbaiki kembali tahun 2000 oleh pemerintah daerah dan Puri Karangasem.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × 1 =