Sunda Manda, Permainan Tradisional Anak-anak Indonesia

527
Sunda Manda
Anak-anak sedang bermain sunda manda. (Foto: Merdeka.com)

1001indonesia.net – Sunda manda atau juga disebut engklek, teklek, ingkling, sundah-mandah, jlong jling, lempeng, dende ataupun dampu adalah permainan anak tradisional yang populer di Indonesia, khususnya di masyarakat pedesaan.

Permainan ini dapat ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia, baik di Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi. Di setiap daerahnya dikenal dengan nama yang berbeda. Ada dugaan bahwa nama permainan ini berasal dari zondag-maandag yang berasal dari Belanda dan menyebar di Nusantara pada zaman kolonial.

Permainan tradisional sunda manda biasanya dimainkan oleh anak-anak, dengan dua sampai lima orang peserta. Di Jawa, permainan yang disebut engklek ini biasanya dimainkan oleh anak-anak perempuan.

Disebut engklek karena dimainkan dengan satu kaki. Peserta tidak boleh menyentuh garis. Sementara kaki satunya diangkat, tidak boleh menyentuh lantai.

Permainan ini cocok dilakukan di ruangan terbuka. Biasanya anak-anak memainkannya di halaman pada sore hari.

Tidak dibutuhkan banyak perlengkapan untuk memainkannya. Yang dibutuhkan hanya gacuk atau pecahan genting dan sebidang tanah datar untuk digambar kotak-kotak dengan kapur, arang, ataupun alat gambar lain.

Seperti umumnya permainan tradisional, sunda manda menyehatkan bagi anak-anak karena untuk memainkannya mereka harus bergerak.

Permainan ini juga mengajarkan pada anak-anak bahwa untuk meraih sesuatu, harus diupayakan setahap demi setahap, tidak boleh melalui jalan pintas. Di permainan ini, anak-anak dikenalkan bagaimana cara berproses sampai apa yang diinginkannya tercapai.

Terdapat permainan yang serupa dengan peraturan berbeda di Britania Raya yang disebut dengan hopscotch. Permainan hopscotch tersebut diduga sudah sangat tua, sudah ada sejak zaman Kekaisaran Romawi.

Sayang, seiring dengan perkembangan teknologi, sunda manda menjadi jarang dimainkan. Anak-anak sekarang lebih asyik bermain dengan gadget di dalam rumahnya daripada harus berkumpul di luar rumah dan bermain bersama dengan teman-temannya.

Baca juga: Permainan Ular Naga, Permainan Tradisional Anak Jakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twelve + three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.