Pura Giri Arjuno, Indahnya Pura Berlatar Gunung Arjuno

75
Pura Giri Arjuno
Pura Giri Arjuno di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. (Foto: suryamalang.tribunnews.com)

1001indonesia.net – Pura Giri Arjuno terletak di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Tempat ibadah umat Hindu ini berada di lereng Gunung Arjuno di ketinggian 1.600 mdpl.

Pemandangan di sekeliling pura sangat indah. Bangunan pura menempati lahan seluas  6 hektare. Kompleks pura dipenuhi oleh berbagai bangunan bale yang dikhususkan untuk ritual tersendiri. 

Pura ini dibangun berawal dari adanya pesanggrahan Umat Hindu yang ada di sekitar wilayah ini. Pesanggrahan ini dipugar dan diresmikan oleh walikota Batu pada 2005.

Pura Giri Arjuno didirikan tahun 1988, diusung oleh 80 kepala keluarga yang beragama Hindu Dharma. Tidak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah umat Hindu, pura ini juga berfungsi sebagai destinasi wisata religi sehingga ramai dikunjungi wisatawan.

Tempatnya yang terletak di ketinggian Lereng Gunung Arjuno menyuguhkan sejuta keindahan. Pemandangan hamparan kebun apel dan udara yang sejuk melengkapi pesona pura ini.

Setiap setahun sekali, umat Hindu khususnya yang berada di sekitar lereng Gunung Arjuno melakukan upacara Pujawali di pura ini. Upacara yang pada saat Purnama di bulan pertama atau Purnama Kasa ini dihadiri juga oleh pemedak dari Bali dan daerah lainnya.

Baca juga: Pura Tirta Empul, Membasuh Diri di Pancuran Suci

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 − ten =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.