Musik Kalinong, Warisan Budaya asal Merangin Jambi

158
Musik Kalinong
Musik kalinong diakui sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda Indonesia Dari Provinsi Jambi pada 2016. (Foto: Kemdikbud)

1001indonesia.net – Musik Kalinong tumbuh dan berkembang di Dusun Rumah Tuo, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Tabir, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Musik tradisional ini terdaftar sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia pada 2016.

Alat musik yang digunakan dalam musik tradisional ini adalah kalinong yang terbuat dari perunggu. Kalinong tergolong alat musik idiofon yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan sepasang kayu (stik). Bentuk kelintang mirip bonang pada perangkat gamelan, tetapi lebih ceper dan tipis.

Saat digunakan untuk mengiringi lagu, kalinong didampingi dengan gendang yang sekaligus memberi warna pada musik khas Merangin tersebut. Lagu yang dilantunkan antara lain Ibrahim Nalo, Bercerai Kasih, dan Rayuan Tabir.

Keunikan musik ini adalah pada notasi dan irama dimainkan, dan digunakan hanya untuk mengiringi lagu-lagu tertentu saja.

Dulu, Musik Kalinong digunakan sebagai hiburan bagi para petani yang hendak berladang (umo). Musik ini dimainkan sebagai tanda dimulainya musim tanam. Pada banyak kesempatan, musik tradisi ini juga dimainkan dalam upacara-upacara adat serta acara penyambutan tamu.

Baca juga: Calempong Oguong, Musik Tradisional dari Kabupaten Kampar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 + 9 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.