Molapi Saronde, Mengintip Calon Istri melalui Tarian

263
Malopi Saronde
Malam sebelum hari pernikahan, pengantin laki-laki menengok/mengintip calon istri melalui tarian ritual malopi saronde. (Foto: pariwisataindonesia.id)

1001indonesia.net – Molapi Saronde atau tarian melempar selendang merupakan tarian ritual pernikahan adat Gorontalo. Tarian ini dilakukan oleh pengantin laki-laki sebagai sarana untuk mengintip atau menengok calon istri.

Prosesi Molapi Saronde diiringi tabuhan rebana dan Turunani (kesenian vokal bernuansa Islam). Bahan yang digunakan adalah tiga macam selendang, yakni warna hijau, kuning, dan kuning telur. Pelaksanaan ritual ini dilaksanakan di rumah mempelai wanita.

Tarian ritual Molapi Saronde muncul seiring masuknya Islam ke Gorontalo sekitar tahun 1525. Bermula dari Olangia (raja) Amai yang menjadikan Islam sebagai agama kerajaan. Saat itu, raja merumuskan prinsip adati hula-hula’a to sara’a, sara’a hula’a lo adati (adat bersendi syarak, syarak bersendi adat) yang mempertautkan adat dan syariat.

Formulasi tersebut melahirkan aturan tata adat yang secara turun-temurun diwariskan melalui pemangku adat dan jaringan keluarga. Terdapat 185 butir aturan tata adat.

Dalam tata aturan itu, pergaulan antara perempuan dan laki-laki muda dibatasi. Itu sebabnya, ketika hendak menikah, calon pengantin hanya bisa menerima calon pasangan yang telah dipilihkan kedua orangtua mereka.

Pada urutan ke 11 butir adat tertulis jelas adat Mopotilantahu (mempertunangkan) dalam proses pernikahan, termasuk di dalamnya tarian molapi saronde. Tarian tersebut menjadi sarana Molihe Huali, yaitu menengok atau mengintip calon istri.

Saat ini, tarian ritual dalam pernikahan adat Gorontalo ini sudah berkembang menjadi kesenian pertunjukan. Molapi Saronde atau Tari Saronde tidak lagi hanya dilakukan oleh pengantin laki-laki menjelang hari pernikahan, tetapi juga dipertunjukkan pada beragam acara budaya.

Baca juga: Huyula, Kuatnya Semangat Kebersamaan Masyarakat Gorontalo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.