Minuman Khas Sumatra Barat

42
Minuman Khas Sumatra Barat
Selain enak, teh talua atau teh telur bermanfaat untuk kesehatan. (Foto: sumbarprov.go.id)

1001indonesia.net – Tak hanya terkenal akan makanannya, Sumatra Barat juga memiliki beragam minuman khas. Minuman ini tak hanya enak di lidah, tetapi juga memiliki khasiat bagi kesehatan. Berikut beberapa minuman khas Sumatra Barat.

Teh Talua

Teh talua atau teh telur merupakan minuman kesehatan yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan stamina tubuh. Sesuai namanya, minuman ini terbuat dari telur dan teh. Telur yang digunakan adalah kuning telur ayam kampung.

Kuning telur dikocok dengan satu sendok gula pasir sampai mengembang. Serbuk teh diletakkan di dalam saringan dalam jumlah banyak supaya menghasilkan cairan teh yang kental. Lalu, teh disiram dengan air mendidih dan diseduhkan ke dalam kocokan telur dan gula pasir.

Untuk menghilangkan rasa amis telur, larutan teh ini diberi perasan irisan jeruk nipis.

Kopi Kawa Daun

Minuman Khas Sumatra Barat
Foto: voxpop.id

Kopi kawa daun merupakan minuman yang dibuat dari daun kopi yang dikeringkan di dekat api. Daun kopi kering yang sudah kering diremas dengan tangan dan siap untuk diseduh.

Kopi kawa daun dihidangkan dengan sayak atau tempurung kelapa. Saat ini sudah tersedia rasa yang bervariasi. Selain rasa original, tersedia juga kawa daun rasa jahe dan lain sebagainya.

Aia Aka

Minuman Khas Sumatra Barat
Foto: ringkaskata.com

Aia aka atau air akar berkhasiat untuk mengobati panas dalam. Minuman khas Sumatra Barat ini terbuat dari cincau atau agar-agar hijau yang dicampur dengan air kacang.

Rasa air kacang agak asam, tetapi terasa agak dingin di tenggorokan meskipun tidak ditambah es. Bagi yang suka manis, bisa ditambah dengan gula merah. Bisa juga ditambah santan untuk menambah rasa.

Minuman ini dengan mudah dijumpai di pasar-pasar di Sumatra Barat, terutama pada sore hari. Aia aka juga merupakan minuman favorit untuk berbuka puasa.

Skotang

Foto: @isakurniawan84

Skotang atau skoteng merupakan minuman tradisional dengan bahan utama jahe. Minuman ini ada di beberapa daerah Indonesia. Di Sumatra Barat, minuman ini memiliki ciri khas, yaitu rasanya yang lebih kuat dan lebih kental, dengan kadar jahe dan susu yang lebih pekat.

Di Sumatra Barat, skotang sama terkenalnya dengan teh talua. Banyak warung yang menjual minuman ini, terutama di malam hari. Biasanya, warung yang menjual skotang juga menjual teh talua.

Es Tebak

Minuman Khas Sumatra Barat
Foto: primarasa.co.id

Minuman ini mirip es campur, tetapi es tebak lebih padat dan rasanya lebih legit. Isinya tape, ketan hitam, cincau, agar-agar warna-warni, avokad serut, dan tebak. Tebak terbuat dari beras ketan yang diberi kapur. Bentuknya seperti cendol.

Seluruh bahan dimasukkan ke dalam mangkuk kemudian diberi es serut, air gula, sirup, dan susu kental. Minuman ini dengan mudah dijumpai di pasar-pasar di Sumatra Barat.

Baca juga: Wedang Ronde, Multikulturalisme dalam Minuman Tradisional Khas Salatiga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.