Mengenal Candi Wringin Branjang di Kaki Gunung Gedang, Blitar

157
Candi Wringin Branjang
Foto: candi-wringin-branjang.business.site

1001indonesia.net – Candi Wringin Branjang terletak di Desa gadungan, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Terletak di kaki Gunung Gedang, keberadaan candi ini sangat terkait dengan gunung.

Disebut Wringin Branjang karena dahulu ada pohon beringin yang tumbuh dekat candi. Candi yang terbuat dari batu andesit ini mempunyai bentuk bangunan yang unik.

Struktur bangunannya tidak memiliki kaki candi, tetapi hanya tubuh dan atap candi saja, dengan ukuran panjang 4 m, lebar 3 m dan tinggi 5 m. Pintu masuknya berukuran lebar 1 m, tinggi 2 m, dan menghadap ke arah selatan.

Pada bagian dinding tidak terdapat relief atau hiasan lainnya, tetapi dinding-dinding ini memiliki lubang ventilasi yang sederhana. Bentuk atap candi menyerupai atap rumah biasa.

Diduga bangunan candi ini berfungsi tempat penyimpanan alat-alat upacara dari zaman Kerajaan Majapahit yakni pada abad ke-15 M.

Candi Wringin Branjang sangat terkait dengan gunung. Hal ini dapat dilihat langsung dari orientasi arah hadap candi. Umumnya bangunan candi menghadap ke timur atau barat, namun candi Wringin Branjang menghadap ke selatan.

Artinya, candi yang terletak di kaki Gunung Gedang ini berorientasi pada puncak Gunung Kelud yang berada di utaranya.

Baca juga: Candi Kotes, Peninggalan Majapahit di Lereng Selatan Gunung Kelud

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 − 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.