Marandang, Tradisi Masyarakat Padang Menyambut Bulan Ramadhan

112
Marandang
Foto: ANTARA/Muhammad Arif Pribadi

1001indonesia.net – Tradisi Marandang biasanya dilakukan warga Padang, Sumatera Barat, untuk menyambut Ramadhan. Tradisi ini dilakukan sebagai wujud syukur atas datangnya bulan suci Ramadhan yang penuh berkah bagi umat Muslim.

Marandang berarti memasak rendang, kuliner yang menjadi kebanggaan masyarakat Minang. Makanan ini bahkan telah mendunia. Rendang ditetapkan sebagai makanan terlezat di dunia versi CNN.

Itu sebabnya, dalam kegembiraan menyambut bulan Ramadhan yang penuh berkah, masyarakat Padang dan beberapa kabupaten lain di Sumatera Barat  memasak rendang.

Menu istimewa ini terutama disajikan untuk sahur dan berbuka pada puasa pertama. Selain itu, Marandang juga dijadikan sebagai menu utama saat acara syukuran untuk mempererat jalinan silaturahmi dengan masyarakat sekitar saat menjelang puasa.

Bahkan, mereka yang berada di perantauan juga meminta dikirimi rendang dari kampung halaman sebagai sajian perdana menjalani santap sahur di bulan Ramadhan.

Rendang

Rendang diakui sebagai masakan paling lezat di dunia.Tradisi ini sering dimanfaatkan oleh pedagang daging untuk mengambil keuntungan dengan menaikkan harga. Meski demikian, permintaan untuk membeli daging sapi sebagai bahan baku rendang tetap tinggi.

Bahkan, warga harus mengantri untuk mendapatkan daging pada saat menjelang upacara Marandang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.