Ketan Durian, Legitnya Panganan Khas Padang Sumatera Barat

102
Ketan Durian
Foto: cookpad.com

1001indonesia.net – Siapa nyana paduan ketan dan durian dapat menjadi makanan yang nikmat tiada duanya. Tak heran banyak yang ketagihan setelah mencoba legitnya ketan durian khas Sumatera Barat ini.

Pohon durian memang banyak tumbuh di kawasan Sumatera Barat. Jika musim panen tiba, buah durian sangat mudah ditemukan di sana. Di sepanjang jalan, berjajar para pedagang menjajakan buah yang dikenal sebagai “King of Fruits” ini.

Yang unik, masyarakat Padang menikmati durian bersama ketan. Seakan tak lengkap jika makan durian tanpa ketan. Ketan durian sangat populer di masyarakat Sumatera Barat.

Kuliner yang oleh masyarakat setempat disebut katan durian ini biasanya disajikan saat hari raya Idul Fitri. Di beberapa daerah, seperti Padang dan Palembang, ketan durian bahkan seakan menjadi makanan wajib yang harus ada saat hari raya, di samping ketupat dan opor ayam.

Biasanya untuk menghasilkan rasa yang enak, masyarakat Sumatera Barat menggunakan durian dari Kepulauan Mentawai. Durian dari pulau di sebelah barat Sumatera itu memiliki aroma yang dirasa pas untuk membuat ketan durian.

Untuk penyajian katan durian simpel saja. Nasi ketan ditaruh ke piring lalu ditabur parutan kelapa untuk mendapatkan cita rasa gurih, kemudian diberi durian.

Baca juga: Tape Uli, Kuliner Berbahan Ketan Khas Masyarakat Betawi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

six + three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.