Kaledo, Mantapnya Kuliner Khas Sulawesi Tengah

429

1001indonesia.net – Jika Anda mengunjungi Sulawesi Tengah, jangan lupa untuk mencicipi menu nikmat kaledo atau kaki lembu Donggala. Makanan khas Palu, Sulawesi Tengah, ini berupa sup kaki sapi.

Ada juga yang mengatakan, bahwa kaledo berasal dari bahasa Kaili, bahasa asli penduduk Palu. Ka berarti keras, dan ledo berarti tidak. Bisa jadi artinya adalah kaki sapi tersebut dimasak sampai empuk benar dagingnya.

Uniknya, penyajian sup kaki sapi berkuah bening kekuning-kuningan ini bisa dengan kasubi (singkong kukus) ataupun nasi, tergantung selera. Tulang lembu yang dimasak adalah ruas tulang lutut lengkap dengan sumsumnya.

Selain bahan utama kaki lembu dengan sumsumnya, yang juga membuat masakan ini istimewa adalah kuahnya. Racikan bumbu seperti asam jawa, cabe rawit, dan garam membuat kuah sup kaki sapi ini sangat sedap. Apalagi jika ditambah dengan bawang goreng khas Kota Palu.

Saat ini, mudah untuk mendapatkan menu khas ini di Kota Palu. Saking populernya, kaledo seakan sudah menjadi ikon kuliner kota yang terletak di pinggir pantai ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nineteen − four =