Jintan, Rempah Asal Laut Tengah yang Telah Menyatu dalam Kuliner Nusantara

119
Jintan
Foto: David Mark/Pixabay

1001indonesia.net – Jintan atau jinten (Trachyspermum roxburghianum) merupakan salah satu jenis rempah yang digunakan dalam kuliner Indonesia. Biasanya jintan digunakan sebagai campuran masakan berkuah atau ungkep, seperti kari, sup, dan gulai.

Bentuk jintan seperti bulir padi, berwarna kecokelatan. Tanaman ini banyak dibudidayakan di India dan Asia Tenggara. Rasanya seperti tanah, pedas, dan hangat, mirip dengan rasa kelabat atau klabet.

Awalnya jenis rempah ini hanya ditemukan pada masakan India. Melalui perdagangan, jintan menyebar hingga ke Asia Tenggara dan lambat laun menyatu dalam kuliner Nusantara.

Khasiat sebagai kesehatan

Ada dua jenis jintan, yaitu jintan putih dan jintan hitam. Kedua jenis jintan digunakan, baik sebagai bumbu masakan dan pengobatan. Bedanya, jintan putih yang lebih sering digunakan dalam masakan, sedangkan jintan hitam paling sering digunakan sebagai obat.

Jintam hitam atau yang dikenal sebagai habatussauda memiliki banyak khasiat bagi kesehatan hingga dijuluki “obat dari segala penyakit.”

Meski memiliki rasa yang sedikit pahit, jintan memiliki khasiat alami sebagai tonikum, misal untuk sistem pencernaan, mengobati peradangan, mampu meningkatkan jumlah ASI, dan membunuh sel kanker.

Jintan juga bisa digunakan untuk membantu meningkatkan kontrol gula darah, meskipun tidak jelas apa yang menyebabkan efek ini atau berapa banyak yang dibutuhkan.

Foto: Bunga Lawang atau Pekak, Rempah Unik yang Kaya Manfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 + 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.