Gemblong Ketan, Enaknya Asli bukan Bohongan

254
Gemblong
Foto: travelingyuk.com

1001indonesia.net – Salah satu makanan tradisional yang banyak digemari masyarakat Indonesia adalah gemblong. Jajanan pasar berbahan baku ketan ini rasanya manis dan gurih, cocok untuk dinikmati saat bersantai.

Gemblong banyak ditemui di pasar-pasar tradisional di sejumlah daerah di Indonesia. Tidak jelas cemilan ini berasal dari mana. Namun, ada pendapat yang mengatakan bahwa nama gemblong diambil karena bentuknya yang bulat dan lonjong.

Jajanan tradisional ini terbuat dari adonan beras ketan putih yang diuleni hingga kalis dan dibentuk bulat lonjong. Ketan itu kemudian digoreng lalu dilapisi dengan gula merah.

Gemblong bisa dibuat dalam beberapa varian. Selain berbahan baku ketan putih, juga bisa menggunakan ketan hitam.

Makanan ini cocok dinikmati sebagai teman minum kopi atau teh, baik di pagi hari maupun sore hari. Tak hanya enak, jajanan ini juga mengenyangkan.

Sampai saat ini, makanan tradisional ini masih bertahan. Tidak sulit untuk menemukannya, baik di pasar tradisional maupun warung-warung yang menjual beragam kue.

Gemblong juga sering kali dijajakan di lampu merah dengan harga yang sangat terjangkau. Anda juga bisa menemukan dengan mudah makanan ini di kawasan Bogor dan Ciawi karena banyak pedagang yang menjajakannya.

Baca juga: Tape Uli, Kuliner Berbahan Ketan Khas Masyarakat Betawi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine − 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.