Candi Pringtali, Peninggalan Majapahit di Samigaluh

159
Candi Pringtali
Foto: sobatjogja.com

1001indonesia.net – Candi Pringtali adalah sebuah situs purbakala yang ada di Dusun Pringtali, Desa Kebonharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Adanya lambang Surya Majapahit menandakan bahwa candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit.

Di Situs Candi Pringtali terdapat satu stupa candi dengan tinggi kurang lebih 2 meter dan panjang sisi sekitar 50 sentimeter. Belum diketahui kapan candi ini dibangun karena tidak ada catatan mengenai keberadaan bangunan kuno ini.

Diduga, candi ini erat kaitannya dengan keberadaan agama buddha di wilayah sekitar Samigaluh. Kemungkinannya, candi tersebut dibuat sebagai tempat ibadah umat Buddha.

Namun, ada dugaan lain bahwa Candi Pringtali merupakan candi Hindu karena adanya Lingga dan Candi Ratna. Bentuk candi ini sudah tidak seperti aslinya lagi karena disusun hanya berdasar kecocokan antar batu bukan tanpa dasar riset arkeologi.

Sumber: tuguwisata.com

Bangunan kuno yang terletak di pegunungan Menoreh ini sudah sedikit rusak. Keutuhan bangunan juga terancam oleh akar pohon beringin besar yang tumbuh di sampingnya. Beberapa bagian candi juga sudah hilang karena kurangnya perawatan.

Candi ini sendiri bentuknya sudah tidak asli lagi. Pada tahun 1980-an ada orang yang tidak bertanggungjawab membongkar bangunan candi. Orang tersebut kemudian mengembalikan batu-batu candi secara tidak sempurna. Akibatnya, ada beberapa bagian batu candi yang hilang dan tercecer di sekitar lokasi berdirinya candi.

Situs cagar budaya ini dipagari pagar bambu yang panjang sisinya sekitar 5 meter. Perawatan terhadap peninggalan kuno ini dilakukan oleh warga sekitar.

Baca juga: Kompleks Candi Dieng, Peninggalan Sejarah di Dataran Tinggi Dieng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen + 6 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.