Candi Karangbesuki, Peninggalan Kanjuruhan di Kota Malang

127
Candi Karangbesuki
Foto: ngalam.co

1001indonesia.net – Candi Karangbesuki atau Candi Gasek terletak di sudut timur laut pemakaman umum di Dusun Gasek, Kelurahan Karangbesuki, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Jaraknya sekitar enam kilometer di sebelah barat pusat kota Malang atau sekitar 500 meter di sebelah utara Candi Badut.

Peninggalan ini diketahui dari hasil laporan penelitian kepurbakalaan Hindia Belanda pada 1900-an. Saat ini, kondisinya tinggal reruntuhan, hanya menyisakan struktur pondasi batu andesit berukuran 7 x 7 meter.

Bangunan candi berada di lembah Kali Metro. Diperkirakan, bangunan candi setinggi 8 meter dengan posisi menghadap ke barat.

Di lokasi candi, ditemukan Arca Resi Agastya dan Ganesha. Arca Resi Agastya kini disimpan di Museum Mpu Purwa, sedangkan arca Ganesha sudah dipindah ke situs Watu Gong.

Sebenarnya juga ada arca Durga, Mahakala, dan Nandiswara. Sayang ketiganya sudah hilang. Di bagian tengah terdapat sebuah yoni, tetapi lingganya juga telah hilang.

Di sekitar candi utama, diperkirakan ada tiga buah candi kecil berbahan batu bata kuno. Namun sudah tak ada sedikit pun puing-puingnya. Tapi, sisa-sisa bahan bangunannya berupa batu bata kuno masih bisa ditemukan.

Dilihat dari bentuk hiasan serta arca-arcanya, diduga bangunan purbakala ini sezaman dengan Candi Badut yang dibangun oleh Kerajaan Kanjuruhan.

Bait ke-4 Prasasti Dinoyo menyebutkan dibangunnya sebuah tempat suci untuk memuliakan Resi Agastya yang berguna sebagai tempat menghilangkan penyakit dan malapetaka. Catatan tersebut menjadi informasi fungsi dari bangunan kuno ini.

Baca juga: Candi Badut, Bangunan Kuno Peninggalan Kerajaan Kanjuruhan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.