15 Tempat Wisata Alam Pilihan di Bekasi

397
Wisata Alam Bekasi
Rumah Pohon Jatiasih (Foto: Rumah.com)

1001indonesia.net – Bagi Anda yang tinggal di Bekasi dan sekitarnya, mungkin masih ada yang suka bingung mencari tempat wisata alam yang murah dan mudah dijangkau. Padahal berwisata merupakan bagian dari kebutuhan kita, utamanya sebagai pelepas penat setelah kesibukan sehari-hari.

Tak hanya menyenangkan, berwisata sangat bermanfaat bagi tubuh maupun jiwa manusia. Berwisata dapat mengurangi tingkat kestresan. Rutinitas sehari-hari dan beban pekerjaan ataupun tugas-tugas di sekolah sering kali membuat jenuh bahkan merasa stres.

Dengan berlibur di alam terbuka, kita dapat sedikit melupakan rutinitas dan beban sehari-hari yang membuat kita menjadi stres. Saat sedang berinteraksi dengan alam, otak akan beristirahat sehingga ketika kembali ke rutinitas, tubuh dan jiwa kita lebih segar. Membuat kita lebih siap menjalankan pekerjaan ataupun belajar di sekolah.

Tak hanya menurunkan tingkat stres, berwisata di alam terbuka juga bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi, meningkatkan kesehatan tubuh dengan aktivitas fisik dan menghirup udara segar, serta meningkatkan keharmonisan keluarga dengan menghabiskan waktu bersama.

Warga Bekasi tidak perlu jauh ke luar kota untuk menikmati keindahan alam terbuka. Bekasi juga memiliki banyak tempat wisata alam yang bisa menjadi rekomendasi destinasi wisata.

Berikut ini 15 tempat wisata alam pilihan di Bekasi yang bisa dikunjungi di hari libur.

1. Situ Rawa Gede

Situs Rawa Gede Bekasi (Foto: idntimes.com)

Situ Rawa Gede merupakan salah satu wisata alam di Bekasi yang bisa dikunjungi. Di sini terdapat beberapa fasilitas, seperti perahu, sepeda bebek air, hingga rumah makan. Tersedia juga fasilitas pemancingan. Lokasinya berada di Jalan Kampung Bojong Menteng, Rawalumbu, Kota Bekasi.

2. Taman Limo Jatiwangi

Taman Limo Jatiwangi (Foto: itrip.id)

Taman Limo Jatiwangi menampilkan suasana pedesaan yang sejuk. Di dalamnya terdapat danau yang dilengkapi jembatan warna-warni yang indah. Lokasinya ada di Jatiwangi, Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Di Taman Limo, pengunjung juga bisa menaiki wahana seperti sepeda bebek air, flying fox, odong-odong, dan playground. Jika ingin kuliner, di sini juga tersedia beberapa rumah makan yang menyajikan aneka olahan ikan.

3. Situ Cibeureum

Situ Cibeureum (Foto: travelspromo.com)

Di Situ Cibeureum, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan menyewa perahu untuk berkeliling danau. Keindahan di Situ Cibeureum juga makin sempurna saat senja datang. Lokasinya ada di Lambangjaya, Kecamatan Tamun Selatan, Kabupaten Bekasi.

4. Pantai Muara Beting

Pantai Muara Beting (Foto: jejakpiknik.com)

Tidak perlu jauh-jauh untuk menemui pantai. Di Bekasi banyak wisata pantai. Salah satunya Pantai Muara Beting. Tempat wisata alam ini masih berada di Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi.

Pantai Muara Beting menyajikan keindahan pantai dengan pasir cokelat. Di sekeliling pantai terdapat tumbuhan mangrove. Pemandangan alamnya yang alami dan asri memanjakan mata.

5. Taman Buaya Indonesia Jaya

Taman Indonesia Jaya (Foto: Warta Kota)

Jika ingin melihat penangkaran buaya, Anda bisa berkunjung ke sini. Di tempat ini ratusan ekor buaya yang dipelihara. Lokasinya ada di Jalan Raya Serang Cibarusah, Desa Sukaragam, Kabupaten Bekasi.

Di sini ada 5 kolam besar yang mampu menampung masing-masing 100 ekor buaya. Setiap kolam dibatasi dengan pagar besi setinggi 1,5 meter sehingga aman bagi pengunjung.

6. Wisata Mangrove Taruma Jaya

Wisata Mangrove Taruma Jaya (Foto: Naratama TV)

Ingin melihat mangrove di Bekasi? Tentu bisa. Di Bekasi ada wisata mangrove yang bisa dikunjungi, yaitu Wisata Mangrove Taruma Jaya.

Lokasinya ada di kawasan Pusat Restorasi dan Pembelajaran Mangrove (PRPM) Bekasi, tepatnya di Kampung Palijaya, Desa Segarajaya, Kecamatan Taruma Jaya. 

Satu hal yang unik di tempat ini adalah adanya jembatan cinta, seperti di Pulau Tidung. Di sini juga terdapat wisata air seperti perahu.

7. Curug Parigi

Curug Parigi (Foto: Dolan Yok)

Curug Parigi merupakan air terjun yang menjadi salah satu tempat wisata alam di Bekasi. Letaknya ada di perbatasan antara Kota Bekasi dan Kabupaten Bogor, tepatnya di Cikiwul, Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat.

Curug ini memiliki panorama yang sangat indah dan cantik. Belakangan tempat ini semakin populer. Makin banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini untuk melihat keindahan air terjun yang tampak seperti Air Terjun Niagara versi mini ini.

8. Rumah Pohon Jatiasih

Rumah Pohon Jatiasih (Foto: Rumah.com)

Rumah pohon dengan konsep alam ini menghadirkan suasana yang sangat menyejukkan dan cocok untuk berlibur bersama keluarga. Di tempat ini, pengunjung bisa melakukan beragam aktivitas. Bahkan terdapat danau yang bisa digunakan untuk memancing.

Ada pula wahana paintball, cocok bagi Anda dengan jiwa petualang. Ada pula wahana ATV yang bisa digunakan untuk menjelajah kawasan wisata ini.

9. Danau Marakash

Danau Marakash (Foto: Radar Bekasi)

Danau Marakash menjadi tempat rekreasi yang cocok dikunjungi keluarga di Bekasi ketika hari libur tiba. Danau yang terletak di Jl. Sejahtera No. 53, Babelan ini cukup ramai dikunjungi, baik pada hari biasa maupun liburan. Tempatnya yang indah dan asri dapat menghilangkan penat karena kesibukan sehari-hari.

Danau Marakash sebenarnya merupakan danau buatan yang dibangun oleh pihak pengembang perumahan Pondok Ungu untuk tujuan penampungan air dan sebagai sarana rekreasi bagi warga perumahan sekitar. Seiring waktu, keunikan tempat ini mengundang masyarakat yang lbih luas untuk turut berkunjung.

Saat ini, Danau Marakash sudah menjadi tempat wisata dengan bermacam wahana. Di area seluas 2 hektare ini, ada danau berupa persegi dengan kolam yang jernih. Pengunjung bisa menikmati sepeda air berkeliling danau, ataupun memancing di danau. Pengunjung juga bisa bermain bermacam game serta menikmati kuliner di tepian danau.

10. Pantai Muara Gembong

Pantai Muara Gembong (Foto: Travels Promo)

Pantai Muara Gembong bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berlibur ke pantai melepas penat akhir pekan.

Kamu bisa menikmati keindahan alam ditemani sajian kuliner seafood yang banyak dijajakan warung makan disekitar Pantai Muara Gembong bersama keluarga. Selain itu, pengunjung juga bisa menemukan spot foto yang menarik dengan latar pantai yang indah.

11. Pantai Bendera

Pantai Bendera (Foto: Pesona Indonesia)

Pantai Muara Bendera tidak jauh dari lokasi Pantai Muara Beting yang berada di kawasan Muara Gembong. Pantai yang satu ini terhitung masih sepi pengunjung dan belum banyak yang tahu. Cocok bagi Anda yang ingin suasana tenang ditemani suara deburan ombak yang mengagumkan.

12. Hutan Kota Patriot Bina Bangsa

Hutan Kota Patriot Bina Bangsa (Foto: Bekasikota.go.id)

Mencari tujuan wisata Bekasi sangat terjangkau, tetapi tetap menarik untuk dikunjungi? Hutan Kota Patriot Bina Bangsa bisa jadi pilihan wisata keluarga. Di taman yang terletak di Kota Bekasi ini, Anda bisa menikmati waktu bersama keluarga, bermain sepeda, atau berolahraga jogging di bawah rindangnya pohon.

Hutan Kota Patriot Bina Bangsa Resmi didirikan pada 2012 oleh Dr. H. Rahmat Effendi, wali kota Bekasi saat itu. Letaknya di Jl. A. Yani No. 2, tak jauh dari Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi. Taman ini dikatakan menjadi paru-paru Kota Bekasi.

Hutan kota ini sering dijadikan sebagai bumi perkemahan bagi pelajar yang ada di Kota Bekasi. Taman ini dilengkapi dengan beragam fasilitas, seperti toilet, lampu taman, jogging track, tempat bermain anak, dan mushola.

12. Bumi Perkemahan Karang Kirti

Bumi Perkemahan Karang Kirti (Foto: Jejakpiknik.com)

Bumi Perkemahan Karang Kirti adalah pilihan tempat wisata alam di Kabupaten Bekasi. Lokasinya berada di Jl. Desa Karang Mulya, Kecamatan Bojongmangu, Kabupaten Bekasi.

Tempat ini sering digunakan untuk tempat berkemah bagi pelajar, hingga mahasiswa. Tempatnya luas. Pemandangan alamnya yang asri bisa sedikit mengobati kepenatan dari hiruk pikuk Kota Bekasi.

Jika tak ingin repot, pengunjung pun bisa menyewa perlengkapan kemah di tempat ini. Bumi perkemahan ini juga menyediakan fasilitas outbond. Juga ada ada instruktur yang akan membantu apabila diperlukan.

13. Jababeka Botanical Garden

Jababeka Botanical Garden (Foto: Pesona Indonesia)

Jababeka Botanical Garden adalah hutan kota di Cikarang Baru. Di tempat ini dikembangbiakkan aneka flora dan fauna sebagai penyeimbang ekosistem kota.

Keberadaan ribuan pohon yang rindang membuat hutan kota ini dihuni berbagai burung dengan suara-suara yang indah. Udaranya yang sejuh alami diselingi kicauan burung membuat tempat ini ramai dikunjungi warga, baik untuk berolahraga jogging ataupun sekadar menikmati udara segar.

14. Camping Ground Kalam Kopen

Camping Ground Kalam Kopen (Foto: Native Indonesia)

Selain Bumi Perkemahan Karang Kitri, objek wisata di Bekasi yang bisa dijadikan alternatif tempat kemah seru adalah Camping Ground Kalam Kopen. Letaknya di Jalan Waru Doyong No. 87, Tambun Selatan, Tambun, Bekasi.

Selain fasilitas kemah yang lengkap, tersedia juga beragam fasilitas untuk kegiatan outbond, seperti flying fox, spider swing, dan aktivitas-aktivitas fisik lainnya di tengah suasana alam yang asri.

15. Pantai Mekar

Pantai Mekar (Foto: Bekasi.wahananews.co)

Suasananya yang masih alami, hijaunya hutan mangrove, dan batu-batu karang yang menghias pantai menjadikan Pantai Mekar sangat cocok sebagai tempat berlibur bersama keluarga dan teman-teman. Di pantai ini dilengkapi dengan gazebo di sepanjang lepas pantai.

Gazebo yang terbuat dari bambu, kayu, dan beratap jerami itu cocok disinggahi bagi Anda yang ingin memancing. Meski dibangun di tengah pantai (laut), gazebo dijamin aman dan kuat. Anda bahkan bisa memanfaatkan gazebo untuk berkumpul dan bersantap bersama keluarga.

Pantai Mekar bisa dibilang sebuah tempat wisata alam Bekasi yang lengkap karena menyediakan fasilitas utama yang dibutuhkan wisatawan, seperti area parkir yang luas, kamar mandi (bilas), penginapan (vila), dan mushola.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Alam Andalan di Papua

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eighteen − 17 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.